ads

Inikah Yang Anda Cari ??

Atau anda tertarik dengan Yang Ini !!

ads new !!

Beberapa Menu Makanan yang Cocok Untuk Anak Usia 1 Tahun


Makanan yang cocok untuk anak usia 1 tahun merupakan makanan yang harus mengandung banyak gizi mengingat bahwa pada usia ini sang anak tengah memasuki fase yang paling produktif dalam mengembangkan kecerdasanya. Selain itu, usia satu tahun juga merupakan usia terbaik bagi anak dalam mengembangkan karakter serta kesehatan anak tersebut. sebagai seorang ibu yang baik, sudah wajib bagi kita untuk memberikan makanan terbaik yangmengandung asupan gizi seimbang sehingga pertumbuhan sang anak akan sangat terbantu terutama dalam memaksimalkan potensi kecerdasan, kesehatan serta karakter mereka. hal ini tentu tidak akan menjadi masalah bagi para ibu yang sudah berpengalaman dalam menjadi ibu.
resep makanan yang cocok untuk anak usia 1 tahun
Namun, berbeda halnya dengan para ibu baru yang mungkin akan sedikit kebingungan dalam penghitungan asupan gizi yag seimbang karena mereka takut anaknya akan mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Untuk itulah, artikel kali ini akan membahas beberapa tips mengenai beberapa resep makanan yang sesuai untuk anak berusia satu tahun dengan komposisi gizi yang seimbang dan tentunya lezat.
Menu makanan yang cocok untuk anak usia 1 tahunantara lain adalah dengan menyiapkan nasi tim ayam cincang. Bahan bahan yang diperlukan untuk menyiapkan menu ini sangatlah mudah, yakni sang ibu hanya perlu menyiapkan nasi lembek sekitar setengah piring, kemudian ayang giling sebanyak satu cawan kecil. Pastikan bahwa ayam digiling dengan lembut mengingat bahwa pencernaan sang anak pada usia ini masih belum sempurna. Sebagai tambahan protein, siapkan pula satu butir kuning telur serta sedikit garam. Tambahkan juga sayuran yang dicincang kecil- kecil sebagai tambahan mineral dan zat besi. Camuprkan semua bahan tersebut ke dalam satu mangkuk serta aduk rata hingga benar- benar tercampur jadi satu, kemudian tim ke dalam panci yang telah dipanaskan selama beberapa menit sebelum akhirnya siap untuk disajikan. Yang perlu diperhatikan adalah, hindari penambahan penyedap masakan tambahan atau micin karena kedua bahan tersebut kurang baik untuk perkembangan otak sang anak. Jangan pula menambahkan gula dan garam terlalu berlebihan karena ini juga kurang baik bagi perkembangan sang buah hati. sebagai tambahan, berikan ASI eksklusif secukupnya setelah beberapa saat sang buah hati sarapan agar kebutuhan nutrisi sang anak akan ASI tetap terpenuhi dengan baik.
Menu makan pagi untuk anak usia satu tahun yang lain adalah dengan mencoba membuat tim tahu cincang. Bahan- bahan yang perlu disiapkan antara lain adalah 50 gram wortel yang sudah diparut, 50 gram tahu cincang, 50 gram tepung beras merah atau putih, garam dapur secukupnya, air sebanyak 500cc, daun bayam sebanyak 20 gram, tomat sebanyak 50 gram yang diiri kecil- kecil serta gula pasir secukupnya. Langkah memacaknya sangatlah mudah, pertama- tama ibu dapat memasukkan tepung beras, tahu, dan wortel ke dalam mangkuk yang tahan panas. Aduk- aduk hingga tercampur rata kemudian tim adonan tersebut hingga matang. Masukkan semua bahan, aduk- aduk sembari di tim, kemudian angkat apabila sudah matang. Saring tim tahu tersebut kemudian sajikan dengan air tomat. Cara membuat air tomat sangat mudah, yakni ibu hanya perlu merendam tomat ke dalam air panas yang baru mendidih, kemudian menghancurkan tomat tersebut untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit gula ke dalam tomat tersebut kemudian campurkan eksrak tim tadi ke dalam air tomat dan tim tahu lezat pun siap untuk disuapkan kepada sang buah hati.
Untuk makan siang, ibu dapat menyiapkan menu makanan yang dapat membantu perkembangan otak sang buah hati. dalam hal ini, ibu dapat memberikan menu makanan yang banyak mengandung protein dan omega 3 seperti ikan laut. Hal ini tentu dapat dilakukan setelah dipastikan bahwa sang anak tidak memiliki riwayat alergi sehingga tidak akan menjadi masalah yang serius dalam pemberian makanan dari ikan laut tersebut. sebagai menu sehat makan siang untuk sang buah hati, ibu bisa menyiapkan setengan helmbar fillet ikan seperti kakap, gurame, atau salmon serta sedikit cincangan jahe. Bahan lain yang perlu disiapkan antara lain adalah air perasan jeruk nipis, dua potong tahu sutera, bawang putih satu siung yang dicincang halus, daun salam satu lembar serta secangkir air. Untuk pengolahannya, mulailah dengan melumuri fillet ikan dengan jahe cincang dan air jeruk nipis kemudian di sisihkan. Setelah itu, nyalakan kompor untuk merebus segelas air yang telah disiapkan kemudian masukkan cincangan bawang dan daun salam ke dalam rebusan air. Masukkan ikan yang telah dilumuri dengan jahe dan jeruk nipis ke dalam redusan air yang telah mendidih kemudian tunggu hingga dagingnya menjadi setengah matang. Kemudian, masukkan tahu setelah dipotong dadu kecil- kecil ke dalam rebusan ikan, tambahkan garam secukupnya, tunggu beberapa saat, kemudian angkat apabila sudah matang. Menu makan siang yang kaya akan omega 3 siap disajikan untuk sang buah hati anda tercinta. Sebagai minuman sehat setelah makan siangnya, buatkan anak satu gelas kecil jus buah sehat seperti jus apel atau strawberry demi menambah asupan vitamin untuk anak anda.
makanan yang cocok untuk anak usia 1 tahunSedangkan untuk menu makan malam, ibu dapat menyiapkan menu sehat untuk anak anda sebagai berikut. Siapkan bahan- bahan seperti udang yang dicincang halus, bawang putih halus, lada dan garamsecukupnya, beberapa sayuran hijau seperti brokoli atau wortel yang dipotong kecil- kecil memanjang seperti korek api. Sebagai sumber karbohidrat, ibu bisa menyiapkan secawan nasi lembek yang kemudian di tim selama beberapa menit. Siapkan pula kocokan butir telur sebagai asupan protein sang anak. Langkah selanjutnya setelah nasi selesai di tim adalah dengan melumuri udang ytang sudah dicincang dengan bawang putih haus, lada, an garam. Goreng kocokan telur yang sudah disiapkan dan bentuklah sepertu adonan pancake membentuk adonan bulat tipis.tambahkan adonan udang cincang halus serta sayuran di atas telur, kemudian di gulung dan diikat. Setelah itu, kukus hingga udang benar- benar matang. Potong dadar gulung udang menjadi beberapa bagian dan sajikan bersama nasi lembek. Dengan memberikan menu ini sebagai menu makan malam, dijamin anak anda akan lahap menyantap makanan yang lezat dan kaya akan gizi. Sebagai minuman pendamping, siapkan susu formula atau bila masih menyusui, berikan ASI secukupnya pada saat ia menjelang tidur.
Dalam menyediakan menu makanan yang cocok untuk anak usia 1 tahun, sebenarnya sang anak sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan padat yang hampir sama seperti orang dewasa. Anya saja, dalam hal ini perlu diingat bahwa porsi makanan padat harus tetap dibatasi karena kapasitas pencernaan anak yang masih sedikit. Pemberian makanan padat seperti karbohidrat yang banyak terkandung pada nasi, umbi- umbian, sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak usia 1 tahun karena jenis makanan ini akan sangat membantu merangsang ketajaman indra perasa mereka. berikan asupan karbohidrat yang bervariatif di antara beberapa sumber karbohidrat di atas sehingga sang anak tidak akan bosan ketika menyantap makanan mereka. yang perlu diingat adalah hindari pemberian makanan yang nampaknya sehat untuk bayi anda namun mengandung banyak pengawet, pewarna buatan, dan penyedap rasa karena hal ini akan mengganggu perkembangan otak sang buah hati. tidak dianjurkan pula untuk memberikan makanan pedas karena dapat mengganggu kinerja pencernaan anak anda.
Mengenai pemberian makanan berupa sumber protein yang berupa ikan, pastikan bahwa kedua orang tua tidak mengalami alergi sama sekali. Apabila salah satu dari kedua orang tua mengalami alergi terhadap hasil laut seperti ikan, udang, dan sejenisnya, hindari memberikan makanan jenis ini kepada anak anda karena sangat beresiko anak anda mengidap alergi yang sama dengan orang tuanya. Untuk memastikan apakah buah hati anda memiliki alergi atau tidak, ada baiknya apabila orang tua mengkonsultasikannya dengan dokter anak sebelum memutuskan untuk memberikan makanan laut seperti yng telah disebutkan di atas.
Dalam memilih menu makanan yang cocok untuk anak usia satu tahun, hendaknya sang ibu benar- benar memperhatikan kandungan- kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang akan diberikan kepada sang anak. Hendaknya sang ibu memperhatikan pemberian makanan yang alami dan segar sehingga kandungan gizinya tidak hilang. Dalam memberikan camilan atau makanan tambahan kepada sang anak, hindari pemberian makanan tambahan yang mengandung bahan pengawet karena ini akan berdampak kurang baik kepada perkembangan anak untuk tumbuh dewasa. Agar pemberian camilan kepada anak tetap sehat dan bergizi, sang ibu bisa menyiapkan jajanan sendiri untuk sang anak daripada membelinya secara langsung. Pada beberapa kasus mungkin sang anak menolak untuk diberikan asupan makanan berupa sayur dan buah, namun hal ini dapat disiasati dengan menyajikannya dalam  bentuk yang berbeda seperti menyajikan buah dalam olahan jus atau mengolah sayuran dengan mencampurkannya ke dalam menu makanan anak yang lezat dan bergizi. Apabila anak mengalami susah makan pada usianya yang menginjak satu tahun, berikan ASI eksklusif sebagai penunjang tambahan gizi sang anak.
Dengan memperhatikan beberapa pon penting dalam memberikan asupan makanan yang sehat kepada anak melalui beberapa menu makanan sehat yang telah dipaparkan pada enjelasan sebelumnya, ibu dapat menambah variasi- variasi lain dalam menyiapkan menu makanan sehat untuk sang anak setiap harinya. Yang terpenting adalah jangan sampai ada kekurangan zat- zat gizi yang diperlukan oleh tubuh karena hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang sang anak. Tetap berikan pula ASI eksklusif hingga anak berusia dua tahun karena seperti yang kita tahu bahwa ASI merupakan sumber makanan terbaik yang pernah ada untuk sang buah hati hingga ia berusia dua tahun. Pemberian susu formula juga perlu namun sebagai selingan ketika anak merasa bosan atau sebagai persiapan untuk membiasakan dirinya terlepas dari ASI ketika sang buah hati menginjak usia dua tahun. Dalam pemberian susu formula, perhatikan pula apakah anak alergi terhadap kandungan yang terdapat pada susu tersebut. apabila ditemukan alergi susu sapi pada anak, maka sang ibu dapat menggantinya dengan susu kedelai yang juga tak kalah lezat dan bergizi sama dengan susu sapi. Ibu, tunggu apa lagi? ayo, segera siapkan menumakanan yang cocok untuk anak usia 1 tahun!